Bawaslu Kecamatan Karangampel Lakukan Pengawasan Logistik Pemilu 2024. Ternyata Masih Ada Perlengkapan yang Kurang

Ketua Bawaslu Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Aan Royco, memberikan keterangan pers terkait pengawasan logistik Pemilu 2024, Rabu 31 Januari 2024.(FOTO UTOYO PRIE ACHDI)
Ketua Bawaslu Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Aan Royco, memberikan keterangan pers terkait pengawasan logistik Pemilu 2024, Rabu 31 Januari 2024.(FOTO UTOYO PRIE ACHDI)

KARANGAMPEL, BRITAIN – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Aan Royco, mengakui kalau sejumlah perlengkapan logistik Pemilu 2024 masih kurang.

Diantaranya  formulir salinan DPT, DPTB, form C Kejadian Khusus, form C pendampingan (disabilitas dll), sampul kejadian khusus, sampul surat suara tidak sah, dan beberapa perlengkapan lain.

Hal tersebut disampaikan Aan Royco,  Konferensi Pers terkait Pengawasan Logistik Pemilu 2024, di Karangampel, Rabu 31 Januari 2024.

Meski demikian, Aan mengungkapkan bahwa terkait logistik Pemilu 2024 secara umum aman.

Dikatakan, Bawaslu Kecamatan Karangampel telah melakukan pengawasan sejak pengesetan surat suara di Gudang Logistik 2 KPU Indramayu di Widasari, 25-28 Desember 2023.

Kemudian juga melakukan pengawasan saat sortir dan lipat (sorlip) suara yang berlangsung selama 10 hari di Gudang Logistik 2. Dimulai dari sorlip surat suara DPRD Indramayu (8-9 Januari 2024), dilanjutkan surat suara lainnya, yakni DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pipres.

“Untuk surat suara, hanya ditemukan satu surat suara rusak (sobek), diduga terkena ikatan karet saat pengesetan. Tapi secara umum sudah aman,” terang Aan Royco, didampingi Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengkete, Rahman, dan Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Pertisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Syaekhu.

Aan menjelaskan, jumlah surat suara Pemilu 2024 untuk wilayah Kecamatan Karangampel secara keseluruhan sebanyak 52.232 surat suara. Ini sudah termasuk surat suara cadangan 2 persen.

Bawaslu Kecamatan Karangampel juga baru saja melakukan pengawasan logistik, terkait kedatangan bilik suara, di gudang logistik PPK Kecamatan Karangampel, Rabu 31 Januari 2024.

“Jumlah bilik suara sudah sesuai, ada sebanyak 780 bilik dan disimpan di gudang PPK. Nantinya masing-masing TPS akan mendapatkan 4 bilik suara,” jelasnya.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rahman menambahkan, dalam pengawasan logistik ini yang menjadi titik pengawasan adalah tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, dan tepat sasaran.

“Kita juga akan memastikan logistik pemilu sudah sampai di TPS pada H-1,” tegas Rahman.

Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Pertisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Syaekhu mengatakan, masalah logistik memang sangat vital. Sehingga pengawasannya harus benar-benar ketat dan serius.

Ia pun mengajak masyarakat termasuk kalangan media (pers) untuk ikut melakukan pengawasan setiap tahapan pemilu.(oet)

Berita Indramayu

Pusatnya berita indramayu

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News