Dukungan untuk Jadi Calon Bupati Indramayu Menguat. Dewa: Saya Kembalikan Pada Rakyat!

H Dedi Wahidi, banyak didukung untuk maju sebagai calon Bupati Indramayu 2024-2029
H Dedi Wahidi, banyak didukung untuk maju sebagai calon Bupati Indramayu 2024-2029

INDRAMAYU, BRITAIN – “Saya kembalikan kepada rakyat. Karena mereka yang telah memilih saya untuk kembali duduk sebagai anggota DPR RI untuk lima tahun ke depan! “

Demikian kalimat yang disampaikan H Dedi Wahidi, politisi senior PKB, saat dimintai komentarnya terkait banyaknya dukungan terhadap dirinya, untuk maju sebagai calon Bupati Indramayu 2024-2029.

Ya, Dewa -sapaan Dedi Wahidi- memang berada dalam dilema. Di satu sisi dia merupakan caleg DPR RI yang baru saja terpilih, tinggal menunggu proses pelantikan. Di sisi lain rakyat memanggilnya untuk memimpin Indramayu, agar menjadi lebih baik lagi.

Dukungan terhadap Dewa untuk maju sebagai calon Bupati Indramayu memang cukup beralasan. Dia merupakan satu-satunya politisi senior di Indramayu yang paling berpengalaman dan memiliki track record bagus.

Pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Indramayu, Wakil Bupati Indramayu selama satu periode, dan anggota DPR RI selama tiga periode dan akan empat periode.

Selama memegang jabatan-jabatan tersebut, Dedi Wahidi mampu menunjukan kerja nyata, yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Saat menjabat Wakil Bupati Indramayu, bersama Bupati  Yance (Irianto MS Syafiuddin), dia berhasil menggolkan Perda Wajib Belajar Madrasah Diniyah, kemudian berlanjut memberikan honor bagi guru madrasah, dan beberapa program lainnya.

Kemudian saat duduk di Komisi X DPR RI, dia banyak memperjuangkan kepentingan masyarakat, terutama di bidang pendidikan. Mulai dari memperjuangkan lahirnya BOS (Biaya Operasional Siswa), Beasiwa Siswa Miskin (BSM), hingga KIP Kuliah dan yang lainnya.

Lalu ketika duduk di Komisi V DPR RI, Dewa juga kembali menunjukan kinerja positif yang sangat dirasakan masyarakat desa. Dia berhasil membangun infrastruktur desa seperti jalan desa, infrastruktur pengairan, hingga rumah layak huni bagi warga tak mampu. Juga pembangunan embung (bendungan) dan pembangunan penahan ombak untuk mencegah abrasi.

“Kami tentu sangat mendukung kalau pak Dedi Wahidi jadi Bupati Indramayu, karena selama jadi anggota DPR saja kerjanya bagus, banyak membantu kami, ” ungkap salah seorang Kuwu (Kepala Desa) yang tidak mau dituliskan namanya, Sabtu 25 Mei 2024.

Sementara salah seorang akademisi, Dr Masduki Duryat MPd, juga menilai kalau H Dedi Wahidi memang sangat dibutuhkan untuk memimpin Indramayu. Hal tersebut dia ungkapkan dalam tulisannya berjudul “Bumi Wiralodra Menunggu Dewa”.

Menurutnya, sudah saatnya Dewa (Dedi Wahidi) turun untuk melakukan pembenahan ‘kampung halamannya’ (Indramayu), ibu pertiwi yang sudah menjadikannya pada titik yang harus ‘pulang kampung’ dan ‘berbalas budi’.

Agar ibu pertiwi tidak selalu ‘meratapi kesedihanya’ karena ‘nasibnya’ tertinggal jauh dengan daerah-daerah lain di Jawa Barat, padahal ‘hidupnya sangat berkecukupan’ hanya karena salah urus.

“Berdosa rasanya kalau Dewa membiarkan ratapan ibu pertiwi itu terus berkelanjutan”, tulis Masduki Duryat.

Analis sosial dan politik, Adalah Daie mengungkapkan, H Dedi Wahidi sebenarnya juga merasa terpanggil untuk turun dan membenahi Indramayu. Namun dia tidak mungkin akan mengambil keputusan secara tergesa-gesa.

Dewa, lima tahun lalu sebenarnya juga banyak yang mendorong untuk maju sebagai calon Bupati Indramayu, namun tetap memilih untuk tetap di DPR RI. Alasannya, sama-sama mengabdi untuk rakyat.

Saat ini Dewa juga baru saja terpilih sebagai anggota DPR RI untuk yang keempat kalinya. Sementara untuk maju sebagai calon Bupati, syaratnya harus mundur sebagai caleg terpilih.

“Dengan posisi seperti ini, saya kira pa Dewa akan maju sebagai calon  Bupati ketika peluangnya seratus persen jadi. Kalau masih ragu-ragu ya sebaiknya jangan, ” tandasnya.

Adlan juga sepakat dengan pendapat H Dedi Wahidi, yang menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada masyarakat Indramayu. Apakah Dewa akan melanjutkan kiprah di DPR RI atau maju sebagai calon Bupati Indramayu?

Publik tentu menunggu sikap H Dedi Wahidi. Apakah lebih memilih untuk kembali dilantik menjadi anggota DPR RI untuk yang keempat kalinya, atau mencatatkan sejarah baru dimana Indramayu dipimpin Bupati dari PKB?

Semua masih bisa terjadi dan perubahan akan terjadi setiap saat. Apalagi DPC PKB Indramayu juga masih melakukan penjaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Indramayu.

Sejumlah kandidat juga masih bersaing ketat. Ada Lucky Hakim, H Suwarto, Sidqon Djampi, H Ratawiguna, Wawan Purwadi, Dedi Faisal Amin, dan Ahmad Rofiq.(oet)

 

Berita Indramayu

Pusatnya berita indramayu

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News