Ingin Gabung Sebagai Penyelenggara Pemilu 2024? Yuk Daftar Jadi Calon Anggota KPPS, Cukup Lulusan SMA

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Masykur
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Masykur

INDRAMAYU, BRITA!N – Anda tertarik menjadi bagian dari penyelenggaera pesta demokrasi Pemilu 2024? Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu saat ini masih membuka seleksi pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Masykur menjelaskan,  untuk Pemilu 2024 dibutuhkan sebanyak 37.212 anggota KPPS. Mereka  akan bertugas di 5.316 Tempat Pemungutan Suara (TPS), karena untuk tiap-tiap TPS akan ada 7 anggota KPPS.   

“Dari 5.316 TPS tersebut masing-masing akan dijaga oleh 2 orang anggota pamsung. Jadi jumlah anggota pamsung yang akan bertugas secara keseluruhan ada 10.632 orang.

Masykur mengajak masyarakat yang berminat dan memenuhi persyaratan sebagai calon anggota KPPS, untuk langsung mendaftar ke PPS di desa masing-masing.

Apa persyaratan menjadi calon anggota KPPS? Yang pasti harus warga negara Indonesia, dengan usia antara 17-55 tahun. Kemudian tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari partai politik yang bersangkutan.

Persyaratan lainnya, berijazah minimal SMA/sederajat, dan berdomisili di wilayah kerja KPPS. Calon juga tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Sementera dokumen yang harus dilengkapi cukup banyak. Mulai dari surat pendaftaran sebagai calon anggota KPPS, fotokopi KTP elektronik, fotokopi ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, pas foto berwarna 4×6, serta sejumlah surat pernyataan yang jumlahnya mencapai 12 item pernyataan.

Yakni surat pernyataan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhine Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kemudian pernyataan mempunyai integritas, pribadi yang kut, jujur dan adil, surat pernyataan tidak menjadi anggota partai politik, tidak memiliki penyakit penyerta, sehat secara rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Berikutnya surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, tidak pernah dijatuhi sangsi pemberhentian tetap oleh KPU kabupaten/kota atau Dewan Kahormatan Penyelenggara Pemilu.

Kemudian surat pernyataan tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelanggara pemilu, tidak menjadi timkampanaye atau tim pemenangan atau saksi peserta pemilu paling sedikit lima tahun terakhir.

Calon mendaftar juga harus mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung. Juga harus mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi.

Apabila surat pendaftaran dan kelengkapan dokumen sudah siap, bisa langsung disampaikan kepada PPS di masing-masing desa/kelurahan. Pendaftaran dibuka sejak 11 Desember sampai 20 Desember 2023.(oet)

Berita Indramayu

Pusatnya berita indramayu

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News