Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder Perketat Pengawasan Kampanye, Pantau Akun Media Sosial

Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu menggelar konferensi pers terkait pengawasan kampanye Pemilu 2024
Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu menggelar konferensi pers terkait pengawasan kampanye Pemilu 2024

KEDOKANBUNDER, BRITAIN – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu memperketat pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024.

Untuk tahapan kampanye rapat umum terbuka,  yang berlangsung 21 Januari sampai 10 Februari 2024, di wilayah Kecamatan Kedokanbunder memang tidak ada agendanya.

Meski demikian Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder ikut membantu di kecamatan lain yang masih berada dalam satu daerah pemilihan.

Seperti dalam kampanye rapat umum terbuka Partai Amanat Nasional (PAN) di Lapangan Desa Benda, Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, yang menghadirkan artis penyanyi sekaligus caleg DPR RI, Charly Van Houten, dan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, 26 Januari 2024, Panwaslu Kedokanbunder juga ikut melakukan pengawasan.

“Dalam pengawasan kami lebih menekankan pada tindakan preventif atau pencegahan. Seperti saat kampanye rapat umum terbuka di Karangampel yang melibatkan artis nasional, kami juga ikut melakukan pengawasan,” kata Ketua Panwascam Kedokanbunder, Akhmad Yani, Senin 5  Februari 2024.

Akhmad Yani menambahkan, tindakan preventif juga dilakukan saat pemasangan alat peraga kampanye (APK), pertemuan tatap muka, dan bentuk kampanye lainnya.

Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan Kedokanbunder, Eva Mafruhah menambahkan, pihaknya memang dari awal lebih mengutamakan melakukan tindakan preventif atau pencegahan.

Selain melakukan sosialisasi tentang aturan-aturan kampanye kepada pihak-pihak terkait, pihaknya juga terus mengawasi kemungkinan munculnya isu SARA, hoax maupun ujaran kebencian.

“Kita juga pantau akun media sosial, untuk mengawasi kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam aturan kampanye,” ujar Eva.

Sementara Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Adnan Hidayat mengungkapkan, sejauh ini pelanggaran kampanye di wilayah Kecamatan Kedokanbunder relatif minim.

 

Ia juga berharap pengawasan akan semakin efektif dengan adanya pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) yang telah dilantik, dan akan bertugas di masing-masing TPS.(oet)

Berita Indramayu

Pusatnya berita indramayu

Related posts

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News